blog berisi artikel tentang pengetahuan,trendy dan inspiratif

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

My Blog List

Popular Posts

Friday, December 18, 2020

Perkembangan ekonomi pulau pesisir

 

EKONOMI PULAU PULAU

(MEREVIEW JURNAL)

 



DISUSUN OLEH

USNIDA ZAKIYAH AMALINA

12162201190052

    

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA MALUKU 2020

 

DAMPAK PERKEMBANGAN KAWASAN WISATA PANTAI LIANG TERHADAP MASYARAKAT (Studi Deskriptifpada MasyarakatDesa Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah)

Dampak perkembangan kawasan wisata pada suatu daerah memerlukan adanya keseimbangan lingkungan dan interaksi sosial masyarakat, adanya keseimbangan dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada kawasan wisata tersebut dan secara langsung meningkatkan pendapatan pada suatu daerah.Kabupaten Maluku Tengah termasuk wilayah pesisir Utara Barat, mempunyai garis pantai sepanjang 9 km dengan kondisi geografis wilayah pesisir di Kabupaten Maluku Tengah khususnya desa Liang dengan pantai pasir putih berbatu memiliki nilai ekonomi dan banyak berkembang menjadi kawasan wisata. Potensi wilayah pesisir yang dimiliki ini dikembangkan oleh Pemerintah Daerahuntuk kegiatan pariwisata dan menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sektor andalan (sektor ekonomi basis) guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan peningkatan pendapatan asli daerah.Kebijakan ini dilakukan karena sektor pariwisata dapat mendatangkan devisa dari pengeluaran wisatawan, sektor ekonomi basis merupakan sektor-sektor yang hasil produksinya dapat dijual keluar daerah atau mendatangkan uang dari luar daerah.maka keberhasilan pengembangan suatu wilayah maupun kawasan dapat diukur dari beberapa faktor,Demikian pula keberhasilan dalam pengembangan kawasan wisata di wilayah pesisir yang diukur dari dampak positif yang diberikan terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan pesisir khususnya Pantai Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Peningkatan Ekonomi Kawasan Pantai Liang

Dampak pariwisata adalah perubahan-perubahan yang terjadi terhadap lingkungan hidup sebelum adanya kegiatan pariwisata dan setelah adanya kegiatan pariwisata baik langsung maupun tidak langsung yang berupa dampak fisik dan non fisik. Adapun masyarakat sebagai salah satu komponen lingkungan hidup juga mengalami perubahan-perubahan. Dampak non fisik terhadap masyarakat yang ditimbulkan yaitu perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat. Kemudian dampak fisik terhadap, masyarakat yang terjadi yaitu perubahan lingkungan fisik dan fungsi permukiman.Tingkat perkembangan kawasan dalam sektor perekonomian, merupakan dampak positif bagi masyarakat sekitar, kurangnya pengunjung kawasan wisata merupakan dampak negatif yang dirasakan masyarakat, berakibat pada pendapatan,pendapan yang melonjak yang dirasakan oleh masyarakat berperang penting dalam pemenuhan kebutuhan keluarga, tingkat pendidikan anak dan kebutuhan sandang keluarga. Pendapatan masyarakat yang terlibat langsung dalam kawasan wisata baik pedangan asongan, jasa wahana permainan, jasa Wc umum, dan penagihan biaya masuk kawasan wisata berbeda dengan hari-hari biasanya. Aktivitas ekonomi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan ketergantungannya terhadap kondisi lingkungan dan sumber daya alam yang ada di sekitarnya, pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup dan sumberdaya alam, lembaga sosial aktivitas, ekonomi pendidikan, kesehatan dan lain-lain.

Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat Nelayan yang Bermukim di Pesisir Pantai (Studi Kasus Lingkungan Luwaor Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene)

Kabupaten Majene adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Barat dimana seluruh wilayahnya bersentuhan dengan laut sehingga sebagain besar pendudukanya bermata pencaharian sebagai nelayan. Potensi ini menurut Kepala Seksi Produksi Penangkapan Ikan dan Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulbar,bahwa berdasarkan data validasi nasional 2008 tercatat total RTP. (Rumah Tangga Perikanan) di Sulbar pada kisaran 15.772 RTP, dan kabupaten Majene menempati terbanyak RTP nya, kemudian disusul Kabupaten Mamuju dengan kisran 3.168 RTP. Sementara urutan ketiga adalah Kabupaten Mamuju Utara dengan capaian sebesar 2.897 RTP dan keempat terdapat di Kabupaten Polewali Mandar sebanyak 2.106 RTP. Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Majene mengatakan bahwa Potensi perikanan di Majene bisa dikembangkan menjadi perikanan yang berorientasi ekspor apabila ditunjang fasilitas berupa peralatan yang memadai serta sumber daya nelayan yang berkualitas.

Pendapatan adalah hasil dari kegiatan yang diperoleh dalam berusaha baik berupa uang maupun barang dimana barang tersebut dihargai dengan nilai uang sehingga dapat dipergunakan untuk keperluan hidup. Sumber pendapatan dari nelayan yaitu pendapatan dari hasil bekerja sebagai nelayan

NO

Tingkat pendapatan (Rp/bulan)

Jumlah orang

Presentase

1

600.000 – 1500.000

14

31,11

2

450.000 – 500.000

26

57,77

3

100.000 – 300.000

4

8,88

 

JUMLAH

45

100,00

menunjukkan bahwa tingkat pendapatan nelayan responden sebagai nelayan Masih sangat minim yaitu rata – rata pendapatan sebesar 450.000 – 500.000 dengan jumlah 26 orang atau sebanyak 57,77 persen. Ini pendapatan mereka selama satu bulan. Pendapatan diatas adalah pendapatan bersih responden

Kondisi ekonomi masyarakat nelayan yang bermukim di pesisir pantai masih sangat rendah.Hal ini dapat dilihat dari pendapatan kepala rumahtangga, pendapatan isteri, dan pendapatan anggota rumahtangga masih sangat rendah. Yang rata-rata pendapatan pokok nelayan dalam 1 bulan sebesar Rp.724.450

Secara teoritis ekonomi kelautan belum menjadi sebuah kajian khusus di Indonesia lebih dominan menyangkut ekonomi sumberdaya alam dan lingkungan. Amat kurang melihatnya dari aspek lain umpamanya, kesejahteraan hingga ekonomi maistream dengan berbgai pendekatan baik structural maupun neo structural, liberal maupun heterodoks. pembangunan ekonomi Indonesia lebih di dominasi cara berfikir continental ketimbang kelautan maupun maritim.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post Top Ad

Your Ad Spot

welcome to my world